Suara.com – Enam pertandingan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-24 dihelat Rabu (30/1/2019) dini hari WIB tadi. Manchester City dan Manchester United meraih hasil mengecewakan, sementara Arsenal memetik kemenangan.

Man City harus menelan pil pahit saat sowan St James’ Park yang merupakan markas tim papan bawah, Newcastle United. The Citizens -julukan Man CIty- diluar dugaan menyerah dengan skor 1-2.

Man City sejatinya unggul lebih dulu setelah Sergio Aguero mencetak gol kilat saat laga baru berjalan satu menit. Namun Newcastle berhasil mencetak dua gol di babak kedua yang mengamankan raihan tiga poin krusial buat tuan rumah.

Penyerang Salomon Rondon menyamakan kedudukan pada menit 65, sebelum Matt Richie mencetak gol kemenangan Newcastle lewat titik putih pada menit 80.

Man City, yang telah empat kali kalah di Liga Inggris 2018/2019, pun tertahan di posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 56 poin dari 24 laga, terpaut empat poin dari Liverpool yang ada di puncak.

Selisih empat poin tersebut pun bisa melebar jadi tujuh poin jika Liverpool berhasil mengalahkan Leicester City di Anfield, dini hari nanti. Di sisi lain, Newcastle naik ke posisi 14 klasemen dengan kemenangan ini, dengan mengoleksi 24 poin dari 24 laga.

Dari Old Trafford, Man United selamat dari kekalahan kala menjamu Burnley. Setan Merah memang ketinggalan dua gol terlebih dahulu oleh tamunya itu. Beruntung, sepasang gol telat di menit-menit akhir laga berhasil menghindarkan Man United dari kekalahan.

Meski demikian, hasil imbang ini tentu saja tetap mengecawakan buat Man United. Ya, rentetan delapan kemenangan beruntun Setan Merah di semua ajang bersama pelatih interim Ole Gunnar Solskjaer harus terhenti.

Man United sejatinya mendominasi penuh jalannya laga dari awal hingga akhir. Tim tuan rumah unggul penguasaan bola hingga 74 persen serta total me-register 28 percobaan tembakan, dengan sembilan di antaranya mengarah ke gawang.

Namun, Man United justru kebobolan lebih dulu oleh gol Ashley Barnes pada menit 51, yang memanfaatkan blunder konyol gelandang Andreas Pereira. Burnley pun di luar dugaan berhasil memperbesar keunggulan mereka pada menit 81 setelah Chris Wood bikin gol lewat tandukan.

Man United baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit 87 lewat eksekusi penalti Paul Pogba, setelah sebelumnya Jesse Lingard dilanggar di kotak terlarang.

Man United akhirnya selamat dari kekalahan setelah Victor Lindelof mencetak gol di menit 90+2, memanfaatkan scrimmage yang terjadi di mulut gawang Burnley kawalan kiper Tom Heaton.

Dengan hanya meraup satu poin dari partai ini, Man United masih tertahan di urutan keenam klasemen sementara dengan raihan 45 poin dari 24 laga. Sementara itu, Burnley naik ke peringkat 14 dengan 23 poin.

Dari Emirates Stadium, Arsenal harus susah payah mengatasi perlawanan Cardiff City. The Gunners hanya menang dengan skor tipis 2-1.

Gol-gol Arsenal di partai ini dibukukan Pierre-Emerick Aubameyang lewat titik putih pada menit 66 dan Alexandre Lacazette (83′). Sementara itu gol tunggal Cardiff dicetak Nathaniel Mendez-Laing pada menit 90+3.

Tambahan tiga poin ini membuat Arsenal menyamai perolehan poin Chelsea di posisi keempat, yakni 47. Namun, The Gunners masih tetap berada di posisi kelima karena kalah selisih gol. Di sisi lain Cardiff tetap bercokol di peringkat 18 dengan koleksi 19 poin.

Hasil pertandingan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-24, Rabu (30/1/2019) dini hari WIB:

Arsenal 2-1 Cardiff City

Fulham 4-2 Brighton & Hove Albion

Wolverhampton Wanderers 3-0 West Ham United

Huddersfield Town 0-1 Everton

Newcastle United 2-1 Manchester City

Manchester United 2-2 Burnley