Suara.com – Pelatih tim nasional U-22 Indra Sjafri mengatakan jika PSSI tidak membebani target bagi timnya di Piala AFF U-22 . Akan tetapi, mantan pelatih timnas Indonesia U-19 itu tetap menargetkan prestasi terbaik.

Hanya saja, menurut Indra, pada akhirnya hasil yang nanti dipetik di Kamboja ditentukan kehendak Tuhan dan bukan manusia.

“Target, ya kalau di Asia Tenggara kita harus yang terbaik. Gak pernah berubah,” kata Indra selepas memimpin sesi pemusatan latihan (TC) Timnas U-22 hari kedua pekan keempat di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

“Tapi yang menentukan (hasilnya) Tuhan, bukan manusia,” ujarnya menambahkan.

“Kita hanya berusaha. Anak-anak berjuang latihan keras, kalau Tuhan berkehendak lain kita harus terima dong,” kata mantan pelatih yang sempat membawa Timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013 silam itu.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kiri) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Selasa (15/01/2019). Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri akan mencoret delapan pemain dari 38 pemain untuk menemukan tim ideal jelang Piala AFF U-22 di Kamboja pada Februari mendatang. ANTARA FOTO/Dede Rizky PermanaPelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kiri) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Selasa (15/01/2019). Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri akan mencoret delapan pemain dari 38 pemain untuk menemukan tim ideal jelang Piala AFF U-22 di Kamboja pada Februari mendatang. ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

Namun, Indra tak malu-malu untuk menyiratkan optimisme bahwa Timnas U-22 bakal bisa melakukan yang terbaik di Kamboja.

Saat ditanya mengenai perlu tidaknya melakukan uji coba tingkat internasional misalnya, Indra mengatakan tidak perlu karena Timnas U-22 bakal melakoni uji coba di Kamboja, merujuk pada kejuaraan yang akan mereka ikuti pada 17-26 Februari nanti.

“Sudah cukup (uji coba). Internasional nanti kita kan ada tiga, pertama di fase grup, semifinal dan final,” katanya menyiratkan optimisme bahwa Timnas U-22 bakal melaju hingga partai final di Kamboja Februari mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi AFC U-23 di Vietnam, dan Sea Games 2019 di Filipina. ANTARA FOTO/Putra Haryo KurniawanPelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi AFC U-23 di Vietnam, dan Sea Games 2019 di Filipina. ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF U-22 bersama Kamboja, Malaysia dan Myanmar, menyusul keputusan mundur Singapura yang awalnya berada di grup tersebut.

Selain Singapura, Brunei Darussalam dan Laos juga telah menyatakan mundur dari turnamen yang digelar sebagai persiapan untuk menyongsong SEA Games 2019 serta yang terdekat untuk fase kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam pada Maret mendatang. (Antara)