Suara.com – Manajer Manchester City , Pep Guardiola , memiliki pandangan tersendiri mengenai tiga tim terbaik di dunia saat ini. Mereka adalah Barcelona , Bayern Munich , dan Juventus .

Pilihan Pep Guardiola itu tentu bukan sembarangan. Ia memilih tiga klub tersebut sebagai tim terbaik karena memang sudah teruji tampil konsisten selama 10 tahun terakhir.

Salah satu bukti kekuatan ketiga klub itu adalah keberhasilan memenangkan gelar di kompetisi negaranya masing-masing dengan jangka waktu yang cukup lama. Baik Barcelona, Bayern Munchen, dan Juventus sudah enam kali menjuarai kompetisi domestik dalam 10 tahun terakhir.

“Saya sudah berkali-kali mengatakan soal tim terbaik dalam satu dekade terakhir ini. Mereka adalah Juventus, Bayern Munchen, dan Barcelona. Ini adalah tiga tim terbaik di Eropa. Mengapa? Karena setiap musim mereka memenangkan liga, setiap musim mereka memenangkan piala, setiap musim mereka ada di sana. Karena mereka yang terbaik,” kata Guardiola seperti dikutip dari Goal, Senin (28/1/2019).

“Ketika saya mengatakan Bayern Munchen, Juventus, dan Barcelona sebagai yang terbaik, itu bukan karena apa yang terjadi sebelumnya, tetapi saat ini. Mereka bisa terus melaju. Itu hal yang paling sulit. Menangkan satu gelar, dua gelar, itu bisa terjadi. Tapi konsistensi itu, setiap tiga hari selama 11 bulan, selama 10 tahun, itulah yang paling saya hormati dan kagumi,” tuturnya menambahkan.

Pep Guardiola sendiri adalah sosok yang masuk dalam sejarah prestasi Barcelona dan Bayern Munchen dalam satu dekade terakhir. Pasalnya, dirinya pernah menakhodai dua klub tersebut. Hasilnya dua trofi La Liga dipersembahkan untuk Blaugrana dan tiga juara Bundesliga diberikan untuk Bayern Munchen.

Bolatimes/Irwan Febri Rialdi