Suara.com – Sejumlah pemain Cardiff City mengaku takut terbang setelah peristiwa hilangnya pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala di Selat Inggris pekan lalu, kata bek Sol Bamba dilansir dari Reuters, Rabu (30/1/2019).

Pada pertandingan pertama Cardiff sejak hilangnya Sala, Selasa (29/1/2019) didahului dengan mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan kepada penyerang asal Argentina itu dan pilot David Ibbotson.

Dalam pertandingan melawan Arsenal di Liga Premier itu, Cardiff kalah 1-2.

Pesawat yang membawa Sala hilang dari radar pada 21 Januari dan belum ditemukan hingga saat ini.

Menurut Bamba, timnya sangat terpengaruh oleh kejadian tersebut.

“Saat kami bepergian dengan pesawat, beberapa rekan mengatakan tidak ingin menggunakan pesawat lagi,” kata Bamba.

Bamba, yang mengenal Sala secara pribadi melalui agennya, mengatakan ia pernah mendiskusikan kepindahan ke Cardiff dengan Sala yang keluar dari klub Ligue 1 Prancis, Nantes.

Foto pemain asal Argentina Emiliano Sala yang hilang saat menuju Cardiff City, Senin (21/1/2019) [AFP]Foto pemain asal Argentina Emiliano Sala yang hilang saat menuju Cardiff City, Senin (21/1/2019) [AFP]

“Bukan hanya saya yang mengalami kesulitan, meskipun saya memiliki hubungan pribadi dengannya. Saya tidak merasa lebih sedih daripada rekan lain, semua orang merasa sedih, seluruh klub,” pungkas Bamba.

Tim penyelamat mengakhiri pencarian mereka terhadap Sala minggu lalu setelah menyatakan peluang ditemukannya pesawat PA 46 yang ditumpangi Sala sangat tipis. Namun sebuah operasi yang didanai secara pribadi direncanakan akan mencari pesawat tersebut dalam waktu dekat.

Pesawat ringan PA 46 Piper Malibu yang lepas landas dari Nates, Prancis, menuju Cardiff City, Wales, dinyatakan hilang pada 21 Januari lalu.

Emiliano Sala diperkenalkan sebagai pemain baru Cardiff City [AFP]Emiliano Sala diperkenalkan sebagai pemain baru Cardiff City [AFP]

Pesawat hilang kontak saat mengudara di Alderney, kepulauan Channel. Terakhir diketahui, pesawat tersebut berada di ketinggian 2300 kaki, 15 mil sebelah utara Guernsey.

Sala menumpang pesawat tersebut usai mengucapkan perpisahan kepada rekan-rekannya di Nantes. Seperti diketahui, Sala dibeli Cardiff City dari Nantes dengan nilai transfer sebesar 15 juta pound pada 19 Januari 2019. Pemain 28 tahun itu meneken kontrak berdurasi tiga setengah tahun bersama klub berjuluk Bluebirds.