Suara.com – Pelatih tim nasional U-22 Indra Sjafri mengaku tak mempermasalahkan absennya Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri di Piala AFF U-22 lantaran tak diberi izin oleh klubnya masing-masing.

Namun, Indra menegaskan bahwa keduanya wajib hadir ketika Garuda Muda berlaga dalam kualifikasi Piala Asia U-23, Maret mendatang.

“Sudah ada penjelasan resmi dari Sekjen PSSI. Sudah ada surat resmi dari klub mereka, bahwa mereka tidak bisa ikut,” kata Indra selepas memimpin pemusatan latihan (TC) Timnas U-22 sesi hari kedua pekan keempat di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

“Ini bukan kalender FIFA juga, jadi saya memaklumi,” ujarnya menambahkan.

Indra menyatakan bahwa dirinya tidak kecewa atas absennya kedua pemain dari Timnas U-22 di Piala AFF U-22 dan bahkan turut bahagia, karena keputusan itu menyiratkan bahwa tenaga keduanya dibutuhkan oleh klub masing-masing, Ezra di RKC Waalwijk (Belanda) dan Egy di Lechia Gdansk (Polandia).

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri (kanan) memberi instruksi kepada Egy Maulana Vikri saat menghadapi Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. ANTARA FOTO/Sigid KurniawanPelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri (kanan) memberi instruksi kepada Egy Maulana Vikri saat menghadapi Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

“Saya malahan bahagia karena dia juga perlu. Jangan cuma memikirkan timnas (U-22) saja, perkembangan dia di klub juga harus diberi ruang,” kata Indra.

“Kecuali nanti AFC, dia wajib datang,” ujarnya seperti dimuat Antara.

Kepastian absennya Ezra dan Egy membuat skuat Timnas U-22 saat ini dihuni 28 pemain, termasuk Saddil Ramdani yang masih bersama klubnya Pahang FA di Malaysia dan baru bergabung pada 2 Februari.

Timnas U-22 nantinya akan dihuni 23 pemain terpilih yang bakal diboyong ke Kamboja untuk berlaga melakoni pertandingan pertama penyisihan Grup B pada 18 Februari menghadapi Myanmar.

Selain mengikuti Piala AFF U-22, pasukan Garuda Muda juga akan bertanding pada fase kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam pada Maret nanti. Kemudian dipersiapkan tampil dalam SEA Games 2019 di Filipina.